Senin, 06 Desember 2021 12:54 WIB

Momen Bahagia

Reporter :
Kategori : Oase

foto: istimewa

Oleh: Yudi Latif*

Saudaraku, banyak orang memahami kebahagian sebagai kesenangan (pleasure). Padahal kebahagiaan hakiki lebih tepat dimaknai sebagai kesukacitaan (enjoyment).



Pleasure itu menikmati sesuatu secara pasif—tanpa perhatian kesadaran secara mendalam: menonton tv, drug, tidur, dan sebagainya. Enjoyment menikmati sesuatu secara aktif—dengan penuh kesadaran dan keterlibatan.

Psikolog Mihaly Csikszenmihalyi menandai momen bahagia sebagai situasi "mengalir" (flow). Bahwa momen bahagia itu tak terjadi secara kebetulan karena rangsangan peristiwa eksternal, melainkan karena keterlibatan diri dalam berbagai aktivitas yang disukai bernilai tinggi, yang membuat diri hanyut di dalamnya tanpa kuatir atau berfikir hal lain. Para atlit menyebut momen flow ini sebagai "being in the zone" (hadir dan mengalir dalam bidang), para artis menyebutnya dengan istilah "rupture" (putus, melayang).

Flow membantu mengutuhkan diri karena dalam keadaan konsentrasi mendalam, kesadaran biasanya lebih tertata baik (tertib). Pikiran, itikad, perasaan, dan seluruh indera terfokus pada tujuan yang sama. Pengalaman mengalir dalam harmoni. Dan tatkala pengalaman puncak "flow" berakhir, seseorang merasakan hidup lebih "utuh" dari sebelumnya, bukan hanya lebih menyatu dengan dirinya, tetapi juga dengan orang lain dan dunia secara keseluruhan.

Pengalaman "flow" tak memerlukan  penjelasan bagi siapa saja yang menikmatinya; kita hanya perlu menyadari bahwa hal itu memberi kita dua hal penting bagi kebahagiaan: kesadaran tentang tujuan (sense of purpose) dan pemahaman diri sendiri (self-knowledge).

Alhasil, kebermakaan hidup merupakan faktor esensial bagi kebahagiaan. Ketimbang menyia-nyiakan waktu, kesukacitaan dan pemenuhan panggilan hidup dengan melakukan apa yang kita cintai merupakan jalan menuju kebermaknaan dan perwujudan kedirian yang lebih tinggi sebagai puncak momen bahagia.

 

*Pakar Aliansi Kebangsaan, tulisan ini dimuat pertama kali di akun media sosisal Yudi Latif, pemuatan di sini sudah atas seizin penulis.


Tag : #oase #yudi latif #kehidupan #kebahagiaan



Berita Terbaru

  Sosok dan Pemikiran
Jumat, 27 Mei 2022 21:00 WIB

Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan Buya Syafii Maarif

Perspektif
  Senin, 23 Mei 2022 21:06 WIB

Grand Opening Buy Coffee Diresmikan Gubernur Jambi Al Haris

Bisnis
  Senin, 23 Mei 2022 14:55 WIB

Hari Pertama Kerja, PJ Bupati Henrizal Lanjutkan Program Cek Endra

Berita
  Kamis, 19 Mei 2022 21:50 WIB

Komando Tugas Bersama Dharmasraya Gelar Halal bihalal Bersama Ketua Umum

Berita
  Kamis, 19 Mei 2022 21:40 WIB

Kembali Dharmasraya Raih Prestasi Terbaik Tingkat Nasional

Berita




Berita Bisnis Ragam Zona Inforial Akademia Perspektif Oase Telusur Pustaka Jejak Sosok Ensklopedia Sudut

Profil Sejarah Redaksional Hubungi Kami Pedoman Media Siber Disclaimer

© Copyright 2017. ® www.kajanglako.com All rights reserved.