Sabtu, 27 Juli 2019 22:15 WIB

Program Doktor Ilmu Hukum Unja Gelar Pelatihan Pembentukan Perdes di Jati Emas

Reporter : Redaksi
Kategori : Akademia Berita Hukrim

Tim Program Doktor Ilmu Hukum Unja saat pertemuan dengan Perangkat Desa Jati Emas / Foto: Istimewa

Program Doktor Ilmu Hukum Unja Gelar Pelatihan Pembentukan Perdes di Jati Emas

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat - Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Universitas Jambi (Unja) menggelar sosialisasi dan pelatihan pembentukan peraturan desa (Perdes) di Desa Jati Emas, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis (25/7). Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini diikuti oleh Perangkat Desa Jati Emas.



Ketua PDIH, Dr. Usman, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari Tridarma Pendidikan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. PDIH sendiri disebutnya konsen untuk menyosialisasikan dan mendorong pembentukan Perdes, karena desa merupakan organ pemerintahan yang memiliki kedudukan penting dalam masyarakat dan negara.

Tim Program Doktor Ilmu Hukum Unja foto bersama perangkat desa Jati Emas

Ia (Desa, red) merupakan kesatuan masyarakat hukum yang dalam struktur ketatanegaraan sekarang bisa jadi disebut “terbawah” namun sesungguhnya terlibat atau bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, wajar jika kemudian desa berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat, karena menjadi pihak yang relatif lebih mengetahui urusan masyarakat setempat.

Dalam sosialisasi dan pelatihan ini, tim PDIH terdiri dari Dr. Usman, Dr. Hartati, Dasril Radjab, Elizabeth Siregar, dan M Zulfa Aulia. Dasril Radjab, yang merupakan pengajar ilmu perundang-undangan Fakultas Hukum Unja menjelaskan, Perdes merupakan bagian dari peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa setelah dibahas dan disepakati bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sekalipun demikian, disebutnya, masih sangat jarang desa yang menginisiasi pembentukan perdes, padahal desa sesungguhnya organ pemerintahan yang paling mengetahui permasalahan di masyarakat, karena memang bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari warga. Kalaupun ada perdes yang dibentuk, umumnya adalah perdes rutin yang memang harus ada, semisal Perdes APBDes.

Selain Perdes rutin, sebenarnya banyak perdes yang perlu dibentuk atas dasar inisiasi desa sendiri dalam mengatur masyarakatnya. Hal ini dikarenakan desa selain punya kewenangan yang ditugaskan oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah, juga punya kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa.

Dalam sosialisasi dan pelatihan ini, tim mengambil contoh soal keamanan dan ketertiban masyarakat. Selama ini sebenarnya desa sudah mengatur soal keamanan dan ketertiban masyarakat, tapi umumnya tidak tertulis. Misalnya, kalau ada warga yang punya hajatan seperti perkawinan, biasanya ada batasan mereka harus meminta izin kepada siapa, dan jika diselenggarakan malam hari, batasnya sampai kapan. Demikian juga kalau ada tamu yang ingin menginap, harus melapor kepada siapa. Aturan semacam ini sudah menjadi kelaziman di banyak tempat, dan karenanya layak untuk dituangkan dalam Perdes.

Sekretaris Desa Jati Emas, Ahmad Mizan Basori, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kesediaan PDIH Unja untuk menyelenggarakan kegiatan ini di Jati Emas. Sebab kata dia, di Jati Emas sejauh ini Perdes yang ada memang baru Perdes rutin. Oleh karenanya, langkah-langkah apa yang harus disiapkan dalam membentuk suatu Perdes, menjadi penting diketahui dan dipahami oleh perangkat desa, agar mereka punya bekal jika kelak membentuk Perdes.

Dalam kegiatan ini, PDIH Unja membantu perangkat desa mengidentifikasi permasalahan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat. Permasahan-permasalahan yang diidentifikasi itu selanjutnya dimusyawarahkan bagaimana pemecahannya menurut perangkat desa. Permasalahan yang diidentifikasi dan cara mengatasinya ini, sesungguhnya adalah materi muatan penting dalam suatu Perdes yang dibentuk. (Kjcom)


Tag : #Unja #Hukum #PDIH



Berita Terbaru

  Jumat, 05 Juni 2020 15:18 WIB

Tindaklanjuti Rekom KASN, Pemprov Keberatan Angkat Kembali Pejabat Non-job

Berita
  Jumat, 05 Juni 2020 15:10 WIB

OJK Jambi Ajak Wartawan Gemar Menabung dan Investasi

Berita
  Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Jumat, 05 Juni 2020 06:59 WIB

Merawat Keragaman Budaya, Melindungi Keanekaragaman Hayati

Perspektif
  Kamis, 04 Juni 2020 21:07 WIB

Ruas Jalan di Tebo Lonsor, Fachrori: Segera Kita Perbaiki

Berita
  Kamis, 04 Juni 2020 20:53 WIB

Lagi, Gubernur salurkan Bantuan JPS Covid-19 di Tebo

Berita




Berita Bisnis Ragam Zona Inforial Akademia Perspektif Oase Telusur Pustaka Jejak Sosok Ensklopedia Sudut

Profil Sejarah Redaksional Hubungi Kami Pedoman Media Siber Disclaimer

© Copyright 2017. ® www.kajanglako.com All rights reserved.