Minggu, 15 Desember 2019 02:14 WIB

Songsong Pilgub 2020, Lembaga Survei ADRC Sasar Pengguna Smartphone

Reporter : Juanda
Kategori : Berita

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi - Di tengah perkembangan dan kemajuan teknologi di Era digitalisasi 4.0, semua sistem baik dari segi perencanaan, input dan output di lembaga pemerintahan, swasta, dituntut berbasis online (sistem). Tujuannya untuk menjamin transparansi dan mudah diawasi.

Masih terkait itu, di Jambi sudah berdiri   ADRC (aksara data reseach center) sebagai lembaga survei pertama yang menerapkan by system kuisioner/pertanyaan dibagikan melalui LINk dalam melakukan survei dengan memanfaatkan teknologi smartphone dan komputer melalui media sosial WhatsApp, Twitter, Instagram, line, Facebook, dll.



David Hadiosman, pendiri lembaga survei ADRC Jambi yang juga ketua tim survei, yang bermarkas di Jalan Pangeran Hidayat Paal lima, Perum Taman Adipura Indah Blok C Nomor 21 RT 7 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Kotabaru Kota Jambi, menjelaskan yayasan lembaga survei tersebut baru didirikannya September 2019.

"Hari ini kita Launching dan kenalkan ke  publik. Semoga dapat diterima dan berguna dalam bidangnya, terlebih bisa mengedukasi politik masyarakat dalam kontestasi Pilgub dengan hasil survei yang kita sajikan, agar masyarakat tepat memilih pemimpinnya," kata David, saat launching lembaga survei ADRC, Sabtu (14/12).

Ia juga mengatakan, ADRC telah melakukan survei tahap 1, terkait Pilgub Jambi 2020 sejak November kemarin.

"Tim kita survei sejak tanggal 1 November, tahapan berakhir 15 Januari  2020, kemudian 1 minggu berikutnya mengelola data dan akhir Januari 2020 akan diumumkan/publis hasilnya ke publik," katanya.

Survei tahap satu, dipilih beradasarkan wilayah dengan total 915 responden, dan target 3 ribu responden dengan 14 kuslisioner/pertanyaan terkait Pilgub Jambi, dan bukan menyangkut pribadi peserta kontestasi.

"Menyangkut masalah responden , ADRC melihat tren mlinial yang dikatagorikan dari usia 17-20 tahun pemilih pemula, usia 21-40 pemilih milenilal dan usia 40 ke atas pemilih biasa," katanya.

Lanjutnya, awal Februari 2020 sudah masuk survei tahap 2 selama 1 bulan dan diperkirakan pada Maret sudah rilis. Dengan pertanyan lebih tajam dan segmen calon yang berpotensi besar, tapi tetap berpacu pada trend.

"Tahap quickcount/penghitungan suara, kita akan terlibat jika diminta pemilik kepentingan secara independen tanpa intervensi, karena itu tidak wajib bagi lembaga survei," katanya.

Kemudian tim IT dari ADRC menjamin data yang disajikan tidak akan ada responden ganda, karena sistem langsung conect, setiap handphone/komputer  punya satu IME yang terdeteksi. Selain itu sistem juga sudah dimaksimalkan sedemikian rupa dan tidak bisa dihack. Pihaknya juga menjamin keamanan data dan perangkat responden.

Saat ditanya kajanglako.com kenapa ADRC berdiri saat momen Pilgub Jambi, apakah ada yang menunggangi dan bagamana ADRC menjamin independensi dan tidak ada pesanan terkait surve?

Sofyan, selaku Dewan Pembina ADRC mengatakan, pihaknya menjamin dan lembaganya punya kode etik. "Kita dirikan ADRC bukan karena saat momen Pilgub, idenya sudah lama, tapi kita terpanggil untuk mengedukasi masyarakat. Saya pastikan tidak ada yang menunggangi," kata Sofyan.

Lanjutnya, selama ini Jambi tidak punya lembaga survei, berdasarkan data dari kpu jambi. "Kita patut berbangga, Jambi bisa dirikan lembaga survei. Selama ini kita pakai lembaga survei dari luar yang pusatnya di Jakarta," katanya. (Kjcom)




Berita Terbaru

  Jumat, 07 Agustus 2020 11:37 WIB

Al Haris Resmikan Wisata Edukasi Benuang

Berita
  Jumat, 07 Agustus 2020 00:39 WIB

PJ Sekda Lantik 35 Pejabat Fungsional Lingkup Pemprov Jambi

Inforial
  Jumat, 07 Agustus 2020 00:33 WIB

Rapat Evaluasi Penandatanganan Covid-19, PJ Sekda: Tekan Penambahan Kasus

Berita
  Kamis, 06 Agustus 2020 19:20 WIB

Kelurahan Pasar Sarolangun Gelar Pelatihan Relawan Siaga Bencana Tahun 2020

Berita
  Kamis, 06 Agustus 2020 19:15 WIB

30 Paskibraka Batanghari Dipastikan Gagal Tampil

Berita




Berita Bisnis Ragam Zona Inforial Akademia Perspektif Oase Telusur Pustaka Jejak Sosok Ensklopedia Sudut

Profil Sejarah Redaksional Hubungi Kami Pedoman Media Siber Disclaimer

© Copyright 2017. ® www.kajanglako.com All rights reserved.