Jumat, 10 Januari 2020 20:30 WIB

Promosi dan Tutorial Pemasangan Tengkuluk Jambi Sasar Media Sosial

Reporter : Juanda Prayitno
Kategori : Inforial

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Bank Jambi, dan para pihak terkait, terus berupaya melestarikan Tekluk atau Tengkuluk Jambi, kain penutup kepala yang terbuat dari Batik Jambi yang digunakan perempuan. Dalam berbagai event, Dekranasda mengadakan acara, baik promosi maupun cara penggunaan tengkuluk, semuanya ditujukan untuk melestarikan dan mempromosikan Tekuluk Jambi, penutup kepala warisan leluhur dari Jambi,.

Kali ini, dalam rangka peringatan ulang tahun ke-63 Provinsi Jambi, Dekranasda Provinsi Jambi kembali mengadakan upaya pelestarian dan promosi Tekuluk Jambi, yakni melalui lomba video tutorial pemasangan tekuluk, di pendopo dekat lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Jumat (10/1) sore. Lomba video turotial ini dibuka oleh Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Iin Kurniasih Sudirman, mewakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Rahima Fachrori.



Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Iin Kurniasih Sudirman mengatakan, lomba video tutorial ini untuk memudahkan pemakaian tekuluk, dan semuanya (98 motif tekuluk)  akan dibagikan melalui media sosial dan youtube.

Ketua Panitia, Rima Devyanti Johansyah menyampaikan, lomba ini untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan tekuluk sebagai warisan budaya Provinsi Jambi, dan pembelajaran dalam mengenakan tekuluk.

Lanjut dia, peserta lomba video tutorial 80 orang, yakni dari OPD, organisasi wanita, siswa dan mahasiswi, dan dari peserta tersebut sudah dipilih 6 orang finalis. Namun, selain itu juga dilombakan kategori umum.

Dewan juri dalam lomba ini terdiri dari tiga orang, yakni: Iin Kurniasih Sudirman dari Dekranasda, Leni (pakar Tekuluk Jambi), dan Holidah (dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi).

Pada kesempatan tersebut dilombakan juga pemakaian tekuluk kategori umum serta kategori pelajar dan mahasiswa. (Kjcom)


Tag : #Jambi #Tengkuluk



Berita Terbaru

  Senin, 27 Januari 2020 16:41 WIB

Fachrori Ingatkan Perusahaan Utamakan K3 Bagi Pekerja

Berita
  Senin, 27 Januari 2020 15:01 WIB

Cabuli Anak Tiri, Warga Tanjung Marwo Diciduk Polisi

Berita
  Senin, 27 Januari 2020 14:50 WIB

Mantap..! Merangin Wakili Indonesia di Festival Kebudayaan Melayu Asean di Thailand

Berita
  Senin, 27 Januari 2020 14:37 WIB

Aksi Warga 12 Desa Kecamatan Mandiangin di Kantor Bupati Berakhir, Warga Akan Langsung Duduki Lahan

Berita
  Senin, 27 Januari 2020 14:25 WIB

Tinjau Pencarian Korban Tenggelam, Al Haris Ingatkan Orang Tua Agar Awasi Anak

Berita




Berita Bisnis Ragam Zona Inforial Akademia Perspektif Oase Telusur Pustaka Jejak Sosok Ensklopedia Sudut

Profil Sejarah Redaksional Hubungi Kami Pedoman Media Siber Disclaimer

© Copyright 2017. ® www.kajanglako.com All rights reserved.