Minggu, 06 Desember 2020 15:02 WIB

Jelma Daya Ivan Geofany Warnai Jambi Fashion Festival 2020

Reporter :
Kategori : Ragam

Jambi Fashion Festival 2020

Oleh: Wenny Ira R

Bertempat di ruang Ebony BW Luxury, Kota Jambi, Jambi Fashion Festival 2020 (JFF 2020) dihelat (Sabtu, 5/12/20). Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada perhelatan yang ke-lima  JFF 2020 ini, Ivan Geofany masih turut hadir mewarnai panggung peragaan busana yang dihelat oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Jambi.



Ivan Geofany merupakan perancang busana yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Pada tahun 2020 ini, Ivan yang juga berhasil membawa rancangan busananya pada acara Palembang Fashion Week 2020, ia bekerjasama dengan Dewan kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan mengangkat kekayaan kain tradisional setempat yang berupa tenun songket bermotif kawai kanduk dan kayu aro.

Motif  kawai kanduk dan kayu aro pada kain tenun songket tersebut banyak berupa burung, flora dan sejenisnya. Kain ini merupakan kain adat yang biasa digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Namun tak hanya dikenakan sebagai busana adat, kain tenun ini juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai hiasan, sarung bantal dan lain-lain.

Menonjolkan tenun songket bermotif kawai kanduk dan kayu aro khas Kabupaten Ogan Kamering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, Ivan Geofany mengaplikasikan keindahan kedua motif kain tenun songket tersebut pada delapan belas rancangan busananya yang diperagakan di atas panggung JFF 2020 dengan tema “Jelma Daya”.

Ket: Jambi Fashion Festival 2020.

Jelma Daya merupakan merupakan nama suku pada kelompok masyarakat yang terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Suku ini berdasarkan Wikipedia, merupakan klan suku Lampung yang sama dengan suku Komering. Mereka hidup di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang berbatasan dengan Provinsi Lampung. Sepanjang alirang sungai Komering merupakan wilayah menetap mereka.

Sebagaimana dengan makna dari kata Jelma Daya itu sendiri yang berarti kekuatan, gagah dan dinamis, begitu pula dengan ke delapan belas rancangan busana Ivan Geofany yang diperagakan pada JFF 2020 ini cukup memukau menampilkan kekuatan, kedinamisan pada setiap rancangannya ketika dikenakan oleh peragawati dan tampak pula gagah ketika dikenakan oleh peragawan.


Tag : #Ragam #Seni #Budaya #Busana #Jambi Fashion Festival



Berita Terbaru

  Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi

Berita
  Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa

Berita
  Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI

Inforial
  Rabu, 22 September 2021 18:51 WIB

Pj Sekda Tanam Replanting Sawit Kemitraan

Inforial
  Vaksinasi Covid-19
Rabu, 22 September 2021 13:03 WIB

70 Ribu Warga Sarolangun Telah di Vaksin

Berita




Berita Bisnis Ragam Zona Inforial Akademia Perspektif Oase Telusur Pustaka Jejak Sosok Ensklopedia Sudut

Profil Sejarah Redaksional Hubungi Kami Pedoman Media Siber Disclaimer

© Copyright 2017. ® www.kajanglako.com All rights reserved.