Minggu, 10 Juli 2022 12:38 WIB

Ribuan Warga Salat Idul Adha Di Masjid Agung Babussalam

Reporter : Samin
Kategori : Berita Daerah

Masyarakat Dharmasraya saat melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Babusalam.

 

DHARMASRAYA -Ribuan warga Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Agung Babussalam, Pulau Punjung, Sabtu (9/7/2022). Masjid dua lantai itu tak mampu menampung jumlah jamaah, sehingga ratusan jamaah lainnya harus rela melaksanakan salat di pelataran parkir. Bahkan ada yang mengikuti salat diluar pagar Masjid, sampai meluber ke pinggir jalan lintas sumatera yang berjarak kurang lebih dua 20 meter dari bangunan masjid.



Tak ada yang menyangka pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Agung Babussallam penuh sesak oleh umat Islam lantaran ada perbedaan salat, Sabtu (9/7/2022) dan Minggu ( 10/7/2022).

" Ini luar biasa, Bang. Pada tahun- tahun sebelumnya pelaksanaan salat Idul Adha di masjid ini tidak seramai sekarang. Biasanya jamaah tidak sampai meluber keluar seperti ini," ungkap jamaah bernama Fadli dan Edwin, yang rela mengikuti salat diluar pagar masjid.

Menurut mereka, melubernya jamaah salat Idul Adha di Masjid Agung Babussalam karena pelaksanaan salat pada hari Sabtu hanya dipusatkan di masjid tersebut.

"Hal ini juga mungkin disebabkan karena terjadinya perbedaan pelaksanaan salat Idul Adha. Ada hari ini dan ada besok, Minggu (10/7/2022)," kata Fadli.

Ia berharap perbedaan pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022 ini tidak menjadi perpecahan di kalangan umat muslim.

"Kita harus bijak menyikapi perbedaan ini. Dan kita harapkan pada tahun tahun mendatang tidak ada lagi perbedaan," pungkasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menjadwalkan salat Idul Adha di halaman kantor bupati setempat pada hari Minggu Tanggal 10 Juni 2022. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, melalui Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat, Sarbaini, Jum’at (8/7/2022) lalu.

“Mengikuti ketetapan Menteri Agama Republik Indonesia, maka Pemkab Dharmasraya melaksanakan salat Idul Adha secara resmi pada hari Minggu, tanggal 10 Juli 2022”, terang Sarbaini.

Lanjut Sarbaini, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, beserta keluarga dijadwalkan bakal melaksanakan salat Idul Adha di lokasi yang ditetapkan oleh Pemkab Dharmasraya.

"Salat Idul Adha dijadwalkan mulai pada pukul 07.00 WIB. Diharapkan agar jamaah menyegerakan berangkat ke lokasi sebelum waktu yang ditetapkan," ucap Sarbaini mengajak.

Untuk mengantisipasi terbatasnya ketersediaan sajadah yang disediakan panitia, Ia juga menganjurkan agar jama’ah membawa perlengkapan salat sendiri dari rumah.

"Yang bertidak selaku khatib adalah Prof. Eka Putra Wirman, MA. Sedangkan yang bertindak sebagai imam salat, Dolizal Putra, M.Ag," pungkasnya. (sam)

 




Berita Terbaru

  Selasa, 16 Agustus 2022 13:29 WIB

Bupati Hadiri Berbagai Kegiatan Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI ke-77

Berita
  Senin, 15 Agustus 2022 21:03 WIB

Bupati Kukuhkan 73 Anggota Paskibraka Kabupaten Dharmasraya

Berita
  Kopi Juaro
Senin, 15 Agustus 2022 11:18 WIB

Kopi Juaro Rilis Kopi Bubuk Kemasan, Zayyan: Pilihan Kopi Terbaik untuk Rasa Terbaik

Bisnis
  Senin, 15 Agustus 2022 10:56 WIB

Rayakan HUT Pertama, Opinia Perdalam Algoritma Pancasila

Berita
  Senin, 15 Agustus 2022 10:33 WIB

Peringatan Hari Pramuka ke-61 Berjalan Lancar, Sekda Minta Anggota Pramuka Terus Mengabdi Tanpa Batas

Berita




Berita Bisnis Ragam Zona Inforial Akademia Perspektif Oase Telusur Pustaka Jejak Sosok Ensklopedia Sudut

Profil Sejarah Redaksional Hubungi Kami Pedoman Media Siber Disclaimer

© Copyright 2017. ® www.kajanglako.com All rights reserved.