Senin, 25 September 2017 11:12 WIB

Wagub Minta Petani Prioritaskan Tanaman Pangan

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Inforial

Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar (Foto : Humas Pemprov Jambi)

Kajanglako.com, Jambi – Sebagai bentuk upaya mewujudkan kedaulatan pangan, Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar meminta kepada para petani untuk memprioritaskan Tanaman Pangan ketimbang sawit. Hal itu disampiakannya dalam Pelatihan Penyusunaan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (FSVA) Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, Senin (25/9).  

“Sesuai dengan Nawacita atau agenda prioritas Kabinet Kerja mengarahkan pertanian ke depan untuk mewujudkan kedaulatan pangan. "Hal ini diterjemahkan dalam bentuk kemampuan bangsa dalam hal mencukupi kebutuhan pangan dari produksi dalam negeri mengatur kebijakan pangan secara mandiri serta melindungi dan mensejahterakan petani sebagai pelaku utama usaha pertanian pangan," ungkap Wagub.



Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Ketahanan Pangan Republik Indonesia yang diwakili oleh Asep Herdiana SP ,MSC, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jambi Luhut Silaban, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi, dan Kepala Bulog Divisi Regional Jambi, Muhammad Yusuf Salahudin.

Dirinya melanjutkan, permasalahan utama dalam mewujudkan ketahanan pangan saat ini adalah bahwa pertumbuhan permintaan pangan lebih cepat dari pertumbuhan penyediaannya. "Permintaan yang meningkat cepat tersebut disebabkan dari peningkatan jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi peningkatan daya beli masyarakat, dan perubahan selera," ujar Wagub.

"Kita bisa membeli beras apakah kita wajib menanam beras, presiden kita ,menekankan untuk tetap menamam padi, karena  seharusnya kita tidak meninggalkan menanam padi, sejak zaman dahulu orang tua kita menanam. Sekarang ini lahan pertanian banyak digunakan untuk menanam sawit, yang sangat menguras kesuburan tanah terutama air, bahkan negara tetangga sudah berhenti menanam sawit di negaranya, lebih baik menanam karet yang jika diolah akan menghasilkan produk jadi yang tinggi nilai jualnya, dan kita juga harus menentukan lahan yang memang diperuntukkan untuk lahan pertanian, baik padi, sayur, dan lain sebagainya," ungkapnya. (kj.com)

 

 


Tag : #Fachrori #Pertanian #Provinsi Jambi #Kedaulatan Pangan



Berita Terbaru

  Senin, 15 Agustus 2022 21:03 WIB

Bupati Kukuhkan 73 Anggota Paskibraka Kabupaten Dharmasraya

Berita
  Kopi Juaro
Senin, 15 Agustus 2022 11:18 WIB

Kopi Juaro Rilis Kopi Bubuk Kemasan, Zayyan: Pilihan Kopi Terbaik untuk Rasa Terbaik

Bisnis
  Senin, 15 Agustus 2022 10:56 WIB

Rayakan HUT Pertama, Opinia Perdalam Algoritma Pancasila

Berita
  Senin, 15 Agustus 2022 10:33 WIB

Peringatan Hari Pramuka ke-61 Berjalan Lancar, Sekda Minta Anggota Pramuka Terus Mengabdi Tanpa Batas

Berita
  Lomba Lari Candi Muaro Jambi
Minggu, 14 Agustus 2022 21:43 WIB

Ini Link dan Jadwal Pendaftaran Lomba Lari Candi Muaro Jambi 10 K

Olahraga




Berita Bisnis Ragam Zona Inforial Akademia Perspektif Oase Telusur Pustaka Jejak Sosok Ensklopedia Sudut

Profil Sejarah Redaksional Hubungi Kami Pedoman Media Siber Disclaimer

© Copyright 2017. ® www.kajanglako.com All rights reserved.